SKRIPSI


Penggunaan Metode Permainan “Alip Cendong” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematka dalam Pembelajaran Konsep Perkalian pada Siswa Kelas III SDN Sumberjo 2 Malo Bojonegoro

Heru Muji Nugroho
ABSTRAK
Berdasarkan hasil observasi dan hasil temuan yang dilakukan peneliti dalam proses pembelajaran Matematika di kelas III SDN Sumberjo 2, dijumpai permasalahan yang berkaitan dengan proses pembelajaran materi operasi hitung perkalian yaitu 1) siswa kurang aktif untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran, 2) hasil ulangan harian siswa pada materi operasi hitung perkalian menunjukkan bahwa dari 23 siswa, 57% menunjukkan nilai di bawah KKM yaitu 65. Dari masalah tersebut, penyebabnya adalah 1) guru menjelaskan materi dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah, tertulis di papan tulis, serta memberi soal-soal dengan jumlah yang banyak, 2)  guru tidak menggunakan media dan model pembelajaran yang sesuai dengan materi, 3) siswa sudah diajak untuk berfikir secara abstrak, sedangkan siswa kelas III masih dalam kemampuan berfikir konkret.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan penguasaan konsep perkalian, aktivitas guru, aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas atas dua siklus dimana satu siklus terdiri dari dua pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan metode permainan “Alip Cendong” dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika materi operasi hitung perkalian. Pada siklus I aktivitas guru mendapatkan persentase 65%, aktivitas siswa mendapatkan persentase 66,25%, rata-rata hasil belajar siswa mendapatkan 73,37, sedangkan ketuntasan belajar siswa mendapatkan persentase 73,91%. Pada siklus II aktivitas guru mendapatkan persentase 86,88%, aktivitas siswa mendapatkan presentase 85,25%. Rata-rata hasil belajar siswa mendapatkanr 79,46, sedangkan ketuntasan belajar siswa mendapatkan persentase 91,30%.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode permainan “Alip Cendong” dapat meningkatkan penguasaan konsep perkalian, aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.



Kata kunci : metode permainan, permainan “Alip Cendong”, hasil belajar.

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

item