SKRIPSI
https://heruzuk.blogspot.com/2012/11/skripsi.html
Penggunaan
Metode Permainan “Alip Cendong”
untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematka dalam Pembelajaran Konsep Perkalian
pada Siswa Kelas III SDN Sumberjo 2 Malo Bojonegoro
Heru
Muji Nugroho
ABSTRAK
Berdasarkan hasil
observasi dan hasil temuan yang dilakukan peneliti dalam proses pembelajaran
Matematika di kelas III SDN Sumberjo 2, dijumpai permasalahan yang berkaitan
dengan proses pembelajaran materi operasi hitung perkalian yaitu 1) siswa
kurang aktif untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran, 2) hasil ulangan
harian siswa pada materi operasi hitung perkalian menunjukkan bahwa dari 23 siswa,
57% menunjukkan nilai di bawah KKM yaitu 65. Dari masalah tersebut, penyebabnya
adalah 1) guru menjelaskan materi dengan menggunakan metode pembelajaran
ceramah, tertulis di papan tulis, serta memberi soal-soal dengan jumlah yang
banyak, 2) guru tidak menggunakan media
dan model pembelajaran yang sesuai dengan materi, 3) siswa sudah diajak untuk
berfikir secara abstrak, sedangkan siswa kelas III masih dalam kemampuan
berfikir konkret.
Penelitian ini
dilakukan dengan tujuan meningkatkan penguasaan konsep perkalian, aktivitas guru,
aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian
tindakan kelas atas dua siklus dimana satu siklus terdiri dari dua pertemuan.
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa melalui penggunaan metode permainan “Alip Cendong” dapat
meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa serta hasil belajar siswa dalam
pembelajaran Matematika materi operasi hitung perkalian. Pada siklus I
aktivitas guru mendapatkan persentase 65%, aktivitas siswa mendapatkan persentase
66,25%, rata-rata hasil belajar siswa mendapatkan 73,37, sedangkan ketuntasan
belajar siswa mendapatkan persentase 73,91%. Pada siklus II aktivitas guru
mendapatkan persentase 86,88%, aktivitas siswa mendapatkan presentase 85,25%.
Rata-rata hasil belajar siswa mendapatkanr 79,46, sedangkan ketuntasan belajar
siswa mendapatkan persentase 91,30%.
Kesimpulan yang
dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode permainan
“Alip Cendong” dapat meningkatkan penguasaan konsep perkalian, aktivitas guru,
aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : metode
permainan, permainan “Alip Cendong”, hasil belajar.