MEDIA KOTAK MISTERI PEMBELAJARAN TANGGUNG JAWAB KEBERSIHAN DI MASA PANDEMI COVID-19
Heru Muji Nugroho, S.Pd
SDN Surabayan Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan
E-mail : herujuk@gmail.com
Di masa pandemi Covid-19 berdampak pada pendidikan di Indonesia. Rapat koordinasi dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makariem bersama Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian dengan seluruh kepala daerah untuk memastikan kebijakan pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 berjalan baik.
Pelaksanakan pembelajaran daring adalah salah satu model pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi, karena dalam prinsip kebijakan pendidikan di masa pandemi Covid-19 adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan para siswa, para pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat pada umumnya, dalam rangka pemenuhan layanan pendidikan selama masa pandemi. Berdasarkan hal tersebut perlu diterapkannya peningkatan kesadaran dalam hal kebersihan. Sehingga seorang guru harus menggunakan metode belajar yang tepat dan siswa dapat menikmati pembelajaran tersebut dengan senang.
Karakteristik siswa SD adalah senang bermain, lebih-lebih bagi siswa kelas rendah. Guru SD seyogyanya merancang model pembelajaran yang memungkinkan adanya unsur permainan di dalamnya (Sumantri Mulyani dan Nana Syaodin, 2006: 6.3). Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa metode permainan masih sangatlah cocok digunakan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, inovasi yang akan diterapkan terhadap permasalahan tersebut adalah dengan penerapan media Kotak Misteri.
Daftar Pustaka
Sumantri, Mulyani dan Nana Syaodin. 2006. Perkembangan Siswa. Jakarta: Universitas Terbuka