MEDIA KOTAK MISTERI PEMBELAJARAN TANGGUNG JAWAB KEBERSIHAN DI MASA PANDEMI COVID-19

 Heru Muji Nugroho, S.Pd

SDN Surabayan Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan

E-mail : herujuk@gmail.com

            Di masa pandemi Covid-19 berdampak pada pendidikan di Indonesia. Rapat koordinasi dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makariem bersama Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian dengan seluruh kepala daerah untuk memastikan kebijakan pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 berjalan baik.

            Pelaksanakan pembelajaran daring adalah salah satu model pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi, karena dalam prinsip kebijakan pendidikan di masa pandemi Covid-19 adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan para siswa, para pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat pada umumnya, dalam rangka pemenuhan layanan pendidikan selama masa pandemi. Berdasarkan hal tersebut perlu diterapkannya peningkatan kesadaran dalam hal kebersihan. Sehingga seorang guru harus menggunakan metode belajar yang tepat dan siswa dapat menikmati pembelajaran tersebut dengan senang.

Karakteristik siswa SD adalah senang bermain, lebih-lebih bagi siswa kelas rendah. Guru SD seyogyanya merancang model pembelajaran yang memungkinkan adanya unsur permainan di dalamnya (Sumantri Mulyani dan Nana Syaodin, 2006: 6.3). Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa metode permainan masih sangatlah cocok digunakan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, inovasi yang akan diterapkan terhadap permasalahan tersebut adalah dengan penerapan media Kotak Misteri.

            Kotak Misteri adalah kotak yang berisikan kartu-kartu yang tertulis perintah menjaga kebersihan. Setiap pagi, siswa akan melakukan Google Meet dengan guru dan teman satu kelas. Guru akan mengambilkan kartu dalam kotak misteri, dimana siswa yang mendapatkan perintah di kartu itu harus segera menulis perintah di bukunya dan melaksanakannya. Setelah melaksanakan tugas siswa diharuskan meminta paraf pada orang tua sebagai bukti bahwa telah melaksanakan tugasnya. Inovasi yang dibuat ini diharapkan dapat melatih tanggung jawab siswa dalam menjaga kebersihan di lingkungan sekitarnya.
Gambar Kotak Misteri
Gambar Kartu Peintah

            Sebagai tenaga pendidik yang profesional, guru diharapkan mampu memanagemen proses pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan melibatkan siswa secara aktif. Dalam hal ini perlu diimplementasikan dengan suatu tindakan nyata berupa penggunaan media kotak misteri sebagai pembelajaran tanggung jawab kebersihan. Semoga hal ini akan menjadikan siswa menjadi sadar akan pentingnya menjaga kebersihan terutama di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.
 

Daftar Pustaka 

Sumantri, Mulyani dan Nana Syaodin. 2006. Perkembangan Siswa. Jakarta: Universitas Terbuka

Lampiran

 


 




 

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

item